4 Kunci Membangun Keluarga Harmonis

Mempunyai sebuah keluarga yang harmonis adalah keinginan setiap orang. Pengertian keluarga harmonis adalah keluarga yang mampu menerima segala kelebihan dan kekurangan setiap anggota keluarga dan tetap membangun hubungan kekeluargaan yang penuh cinta dan syukur terhadap kondisi apapun yang terjadi dalam kehidupan mereka. Akan tetapi tidak banyak orang yang tahu bagaimana cara meraih kondisi tersebut. Untuk itu berikut kami bagikan 4 kunci utama untuk membangun sebuah keluarga yang harmonis dan bahagia.

  1. Bangun nilai-nilai inti sebuah keluarga. Nilai-nilai ini mungkin saja dibuat oleh suami istri saat menikah, namun ketika sudah mempunyai anak, sebaiknya libatkan mereka terhadap nilai-nilai kekeluargaan yang telah Anda bangun agar mereka paham dan turut menjaga nilai-nilai tersebut. Dengan begitu Anda dapat membangun sebuah identitas keluarga yang lebih kuat dan mengurangi konflik yang ada. Diskusikan dengan seluruh anggota keluarga hal-hal yang sebaiknya dilakukan dan yang sebaiknya dihindari untuk meningkatkan kualitas hubungan antar anggota keluarga.
  2. Mempunyai “keluarga” lain tempat bersandar untuk memperoleh dukungan. Pengertian keluarga harmonis tidak dapat diraih hanya dengan membangun kekuatan dari dalam tapi juga hubungan dengan orang lain. Jadikan keluarga dekat seperti saudara yang sudah menikah ataupun tetangga sebagai tempat bersandar untuk saling menguatkan ketika ada masalah. Libatkan seluruh anggota keluarga untuk menanamkan nilai-nilai sosial dan persahabatan dengan orang lain.
  3. Saling menguatkan dalam kondisi terburuk sekalipun. Sebuah keluarga yang harmonis dan bahagia bukan berarti tidak mendapatkan cobaan hidup. Akan tetapi, sebuah keluarga yang harmonis akan berjuang menghadapi permasalahan tersebut bersama-sama. Ketika satu anggota keluarga mendapatkan kesulitan, maka seluruh anggota keluarga yang lain akan selalu berada di sampingnya untuk memberik support dan perhatian lebih serta melewati rintangan tersebut bersama-sama.
  4.  Nikmati waktu senggang bersama-sama. Makna keluarga harmonis akan lebih mudah tercapai jika selang beberapa waktu, keluarga selalu menyediakan waktu yang berkualitas untuk berkumpul bersama keluarga. Entah hanya sekedar berjalan-jalan di lingkungan sekitar memasak bersama ataupun menonton film bersama. Untuk menikmati family time, tidak ada salahnya jika ditemani dengan teh SariWangi untuk menambah suasana keceriaan dan keakraban antar anggota keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *