4 Langkah Praktis Menata Dapur Minimalis

Memiliki dapur berukuran kecil dapat menjadi tatangan tersendiri bagi Anda para ibu rumah tangga. Ukuran dapur minimalis menjadi masalah tersendiri mengingat ada banyak kegiatan rumah tangga yang dilakukan di ruangan dapur. Meski begitu, memiliki dapur berukuran kecil bukan berarti Anda tidak dapat mengakalinya untuk menjadikan dapur terlihat lebih besar dan menarik. Menata dapur minimalis menjadi dapur yang fungsional dan menarik bukanlah hal yang sulit. Anda hanya membutuhkan informasi yang tepat serta kreatifitas saat menata dapur minimalis yang memiliki ruangan terbatas. Jika Anda memiliki dapur berukuran kecil dan minimalis, jangan berkecil hati karena dapur Anda dapat dibuat menjadi dapur luas yang fungsional.

Dapur memang menjadi ruangan yang penting bagi aktivitas ibu rumah tangga setiap harinya, sehingga apabila dapur kurang begitu nyaman maka aktivitas memasak akan terasa malas dan membosankan. Terlebih jika memiliki dapur dengan ukuran minimalis atau kecil, dengan begitu Anda harus menata dapur minimalis itu dengan sangat rapi dan bersih agar dapur minimalis akan terlihat lebih luas dan nyaman untuk digunakan melakukan aktivitas sehari-hari dalam dapur. Memiliki dapur yang luas dengan desain yang modern tidak lebih menarik daripada memiliki dapur berukuran kecil namun tersusun dengan rapi. Besar kecilnya ukuran dapur tidaklah berpengaruh dengan kualitas penataan dapur nantinya. Kebersihan dan juga kerapianlah yang menjadi faktor utama, karena dapur menjadi tempat aktivitas yang sering dilakukan oleh ibu rumah tangga untuk menyiapkan masakan keluarga sehingga kebersihan dan kehegienisa dapur dan peralatan harus ditata dengan baik. Berikut merupakan 4 langkah praktis menata dapur minimalis Anda menjadi lebih luas namun tetap fungsional.

1. Gunakan Kabinet Dapur Dengan Pintu Kaca

Pintu kabinet dapur yang terbuat dari kaca akan menjadi ilusi optikal yang dapat membuat mata Anda dapat melihat bagian dalam kabinet dengan jelas. Hal ini dapat membuat daput terasa lebih luas karena kaca dari kabinet menjadikan dinding dapur terasa jauh.

2. Gunakan Warna Putih Pada Dapur

Pemilihan warna putih adalah warna terbaik untuk diaplikasikan pada dapur minimalis. Warna purih mampu memantulkan cahaya dengan baik sehingga menjadikan ruangan terasa lebih besar. Cat dinding dapur dengan menggunakan warna cat putih dan sesuaikan perabotan lain dalam dapur dengan warna senada, misalnya pada kabinet dapur, langit-langit dapur, countertop, lemari hingga keramik untuk lantai. Agar dapur terasa lebih hidup, Anda dapat menggunakan shade putih yang berbeda serta tambahkan pencahayaan terang.

3. Hindari Menumpuk Barang

Jangan sesekali memenuhi bagian rak ataupun kabinet yang terdapat pada dapur dengan terlalu banyak barang. Hal ini akan menjadikan dapur terlihat kurang rapi, ada baiknya simpan peralatan dapur yang paling sering digunakan dan letakkan peralatan dapur lainnya dalam laci-laci kabinet agar terlihat lebih rapi.

4. Perabotan Yang Mengkilat Dan Penerangan

Selain kaca, gunakan furniture yang terlihat mengkilat seperti pemilihan keramik yang shiny pada lantai dan backplash dekat wastafel, alat elektronik dapur yang terbuat dari bahan stainless steel, kabinet yang memiliki kerangka dari bahan stainless steel atau besi juga dapat membuat dapur minimalis akan terlihat lebih luas dan rapi. Selain itu, pemilihan lampu yang digunakan di dapur terang dan jika tidak terdapat jendela pastikan sinar matahari dapat masuk kedalam dapur.

Leave a Reply