6 Tips Saat Akan Membeli Rumah di Pameran Properti

6 Tips Saat Akan Membeli Rumah di Pameran Properti

Salah satu waktu paling tepat untuk membeli rumah adalah saat pameran. Saat tersebut adalah saat di mana Anda bertemu berbagai pengembang. Anda bisa menemukan pengembang untuk perumahan murah seperti Perumnas dengan rumah sederhana dan KPR subsidi sebagai andalannya, properti untuk rumah sekaligus kantor yang strategis, rumah mewah, cluster, dan lain sebagainya. Inilah saat untuk mencari yang paling cocok.

Tapi karena ada banyaknya pilihan, Anda bisa makin bingung. Kalau sudah begini, bisa jadi akhirnya Anda pun memutuskan untuk mencari semaunya saja. Padahal mencari rumah adalah hal yang perlu pertimbangan masak-masak. Jangan hanya karena tergiur dengan perumahan harga murah yang ditawarkan, Anda memilih daerah yang banjir atau terkenal tak aman lingkungannya.

Supaya kesalahan macam itu tak terjadi, ini yang perlu Anda lakukan di saat ada pameran untuk rumah:

  1. Sudah tahu budget dan tipe rumah yang diinginkan

Pastikan Anda sudah tahu persis apa yang Anda mau. Apa tipe rumahnya dan berapa budget maksimal. Dari situ, baru Anda mencari. Eliminasi yang tak sesuai dengan kriteria tersebut.

  1. Cari lokasinya

Pilih pengembang yang memiliki rumah di lokasi yang Anda incar, sehingga mempersempit pilihan dan membuat Anda semakin mudah mencari.

  1. Rumah jadi atau inden?

Biasanya pengembang memberikan Anda dua pilihan ini. Rumah jadi lebih disarankan karena Anda tak perlu menunggu terlalu lama.

  1. Reputasi

Tiap pengembang punya reputasinya sendiri-sendiri. Jangan malu untuk mencari tahu.

  1. Banyak tanya

Banyak-banyak lah bertanya soal lingkungan, tipe rumah, fasilitas, tentang KPR, hak-hak Anda, dan lain sebagainya.

  1. Mencermati Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB)

Kalau Anda sudah sepakat tentang rumah, mintalah untuk melihat draft PPJB sebelum membayar uang muka. Anda akan tahu biaya tambahan, hak, dan penawaran lain.

Ketika Anda berniat membeli di perumahan murah, jangan buru-buru. Kalau pameran masih berlangsung sampai besok, keliling lah lagi untuk mencari brosur dan bertanya-tanya, lalu pulang dan memikirkannya. Ambillah keputusan ketika Anda sudah benar-benar yakin. Bahkan kalau Anda sempat, cobalah untuk membeli di hari akhir, di mana harga biasanya turun lebih banyak.

Trik Jitu Membeli Perumahan dengan Harga Murah

Mempertimbangkan harga saat akan membeli rumah tentu saja harus di perhatikan. Hal ini dikarenakan membeli rumah harus di sesuaikan dengan keuangan atau budget yang dimiliki sehingga pembayaran dapat dilakukan dengan lancar. Inilah sebabnya banyak kalangan lebih memilih mencari perumahan murah, karena kondisi ekonomi yang kurang memungkinkan untuk membeli rumah dengan harga yang mahal dan berkelas. Adanya berbagai macam perumahan dengan kelas menengah ke bawah ini juga dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan rumah tinggal.

Agar rumah di perumahan harga murah yang Anda beli merupakan tempat tinggal yang tepat, berikut tips saat akan melakukan pemilihan rumah, antara lain:

  • Surat-surat rumah. Banyak orang yang tergoda dengan harga rumah yang ditawarkan sehingga mereka kurang jeli dalam melihat apakah surat-surat yang diberikan benar-benar asli. Saat Anda ditawari perumahan dengan harga yang miring, pastikan mereka memiliki surat yang asli dan rumah tidak dalam masa-masa sengketa,
  • Akses yang mudah. sepertinya percuma jika kita mendapatkan hunian yang memiliki harga murah namun akses untuk menuju ke daerah tersebut begitu sulit, bahkan untuk mengurus administrasi atau surat-surat, Anda harus berjalan jauh,
  • Pilih metode pembayaran yang aman dan tepat. Ketika Anda memberikan uang pembayaran ke pihak developer, jangan lupa untuk meminta tanda bukti pembayaran.

Jangan lupa untuk memilih membeli rumah yang dikelola oleh pengembang yang benar-benar terpercaya serta berpengalaman. Hal ini dilakukan agar rumah yang Anda beli memiliki jaminan fasilitas yang memadai. Jangan sampai Anda hanya mendapatkan rumah dengan harga murah namun masih banyak fasilitas-fasilitas yang kurang mencukupi di sana.

Lantas, seperti apa pengembang perumahan murah yang terpercaya? Jika Anda bingung mencari pengembang rumah yang terpercaya dan memberikan harga murah, Anda dapat memilih Perumnas. Perumnas mengelola dan mendirikan perumahan dengan kokoh dan berkualitas. Perumnas juga sudah mengelola dan mendirikan perumahan di berbagai daerah sebagai upaya untuk mendukung program pemerintah menciptakan tempat tinggal yang merata hingga ke seluruh pelosok kota di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *