Alasan Ibu Memakai Susu Formula

susu formula untuk bayi

Memberikan ASI merupakan anjuran bagi setiap ibu. ASI adalah makanan bayi yang sempurna dan sesuai dengan kebutuhan buah hati kita. rugi rasanya bila anda melewatkan masa-masa pertumbuhan si kecil tanpa memberikan ASI. Terkadang, pada kondisi tertentu seorang ibu tidak diperkenankan memberikan ASI dan harus menggantinya dengan susu formula. Tapi jangan jadikan sembarang alasan untuk memanjakan rasa malas menyusui.

Ibu Bekerja

Pekerjaan kerap dijadikan alasan tidak mau menyusui atau menambahkan susu kaleng untuk konsumsi buah hati. Sebenarnya ini bukanlah alasan yang tepat untuk meninggalkan ASI eksklusif. Mengapa? ASI adalah produk alami yang tahan lama. ketika anda menyimpan di udara terbuka (biasa), ASI tahan hingga 8 jam. Apalagi bila disimpan di almari pendingin, bisa tahan hingga satu minggu. Bahkan, bila disimpan di dalam freezer, ASI bisa tahan sampai 6 bulan.

ASI Tidak Keluar

Alasan memberikan susu pengganti ASI karena air susu ibunya tidak keluar juga merupakan kesalahan. ASI akan keluar bila ibu mau merangsangnya. Dengan apa? Tentu saja dengan menyusukan bayinya. Ketika bayi menghisap puting ibu, maka hormon oksitosin dan prolaktin akan diproduksi sehingga ASI bisa keluar. Bila sekali atau dua kali belum lancar itu wajar, terus coba menyusui si kecil untuk pengeluaran ASI yang lebih banyak.

Sakit

Kalau kondisi ibu memang tidak memungkinkan, misalnya menderita penyakit HIV/ AIDS tentu harus memberikan pengganti ASI. Bisa juga karena ibunya tidak segera pulih pasca operasi, mengalami perdarahan sehingg aperlu perawatan hingga berhari-hari, maka si kecil dapat diberikan susu formula yang kandungannya mirip.

Bayi Masih Lapar

Kalau memang bayi masih menangis, berarti ia harus disusui kembali. Jangan diberikan pengganti ASI karena ibu masih dapat menyusui. Kecuali kalau ibunya tidak ada atau tidak berada di tempat.

Asi sangat diperlukan oleh buah hati untuk tumbuh kembang yang optimal. Tentu anda tidak ingin beralasan sepele untuk meninggalkan program ASI eksklusif, bukan? Tapi bila mendesak, boleh saja memberikan susu pengganti ASI yang bisa dibeli di Sukamart. Toko online penyedia berbagai susu formula ini memberikan harga terjangkau.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *