Apa Itu Kredit Perumahan Murah FLPP? Berikut Penjelasannya

Program Perumahan Murah – Kredit menjadi pilihan terakhir untuk membeli rumah yang layak huni sesuai dengan yang diinginkan. Namun, harga rumah yang tinggi, besarnya uang muka dan suku bunga yang diberikan ketika melakukan kredit perumahan murah, membuat masyarakat ekonomi kelas menengah ke bawah tidak mampu untuk membeli rumah tersebut. Akan tetapi, saat ini terdapat kredit FLPP atau kredit bersubsidi untuk memberi hunian dari program perumahan murah.

Syarat Pengajuan Program Perumahan Murah

Tidak semua orang dapat mengajukan kredit subsidi untuk program perumahan harga murah dari Pemerintah. Terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi yaitu:

  • WNI dan belum pernah memiliki rumah dan dibuktikan dengan surat keterangan dari pemimpin desa atau wilayah setempat.
  • Memiliki pekerjaan tetap dengan pendapatan maksimal Rp 4 juta untuk rumah tapak dan Rp 7 juta untuk pengajuan KPR rumah susun.
  • Berusia minimal 21 tahun atau sudah menikah.

Terdapat beberapa dokumen pribadi untuk melengkapi formulir pengajuan KPR dan harus diisi dengan data yang sebenar-benarnya. Dokumen tersebut yaitu:

  • Fotokopi identitas diri dan kartu keluarga.
  • Slip gaji terakhir.
  • Fotokopi NPWP serta SPT tahunan.
  • Fotokopi rekening koran 3 bulan terakhir.
  • Surat pernyataan jika Anda belum pernah memiliki rumah dan belum pernah menerima rumah bersubsidi.

Program perumahan murah dilakukan pemerintah dan bekerja sama dengan developer untuk membangun rumah tersebut serta bank kustodian yang ditunjuk oleh pemerintah agar para calon debitor dapat mengajukan KPR FLPP atau KPR subsidi. Perumnas adalah pengembang yang bekerja sama dengan pemerintah untuk membangun hunian guna mewujudkan program sejuta rumah. Perumahan yang dibangun oleh Perumnas terbagi menjadi beberapa tipe yaitu rumah sederhana sehat, rumah menengah dan rumah sederhana. Sedangkan untuk rusanami yang dibangun pemerintah, berguna untuk Anda yang ingin hunian dekat dengan pusat kota. Anda dapat memilih hunian di Perumnas dengan memilih berdasarkan pada regional. Pada masing-masing regional, Perumnas sudah membangun hunian dengan fasilitas yang layak sehingga akan membuat Anda nyaman untuk tinggal di tempat tersebut. Jadi, pilih rumah dari Perumnas yang layak dan harga terjangkau untuk pilihan rumah KPR FLPP Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *