Bumbu Ayam Goreng Lengkuas

      No Comments on Bumbu Ayam Goreng Lengkuas

Ayam goreng tentu sudah jadi sajian berbahan dasar ayam yang sering ditemukan di sekitar. Terutama sekali adalah ayam goreng tepung yang krispi. Namun selain ayam goreng tepung, masih banyak variasi ayam goreng lainnya yang bisa dicoba. Salah satunya ialah ayam goreng lengkuas. Sesuai namanya, bumbu ayam goreng satu ini akan menggunakan lengkuas sebagai salah satu bahan utamanya. Bahan-bahannya terbilang bisa ditemukan dengan mudah di sekitar. Cara pengolahannya juga sederhana dan siapapun akan dapat membuatnya sendiri di rumah. Berikut adalah uraian seputar bahan-bahan, bumbu yang dibutuhkan hingga langkah-langkah cara membuatnya agar didapat hasil ayam goreng lengkuas yang lezat.

Resep Bumbu Ayam Goreng Lengkuas

Bahan dasar yang dibutuhkan tentu saja adalah daging ayam sebesar 1 kg yang dipotong sesuai selera. Selain itu, sediakan pula santan sebanyak 300ml, lengkuas parut sebanyak 150 gram, daun salam dan daun jeruk masing-masing sebanyak dua lembar, air asam jawa sebanyak satu sendok makan, serai sebanyak satu batang yang dimemarkan serta minyak goreng secukupnya saja. Untuk bumbu ayam goreng yang dihaluskan terdiri dari ketumbar sebanyak setengah sendok teh, garam sebanyak satu sendok teh, jahe sebanyak 3 cm, kunyit sebanyak 5 cm, bawang putih sebanyak 5 siung, kemiri sebanyak 4 butir, bawang merah sebanyak 7 siung, gula dan kaldu ayam bubuk secukupnya saja.

 

Campurkan potongan ayam yang telah dicuci bersih dengan semua bahan serta bumbu yang dihaluskan. Masak sampai santannya kering dan bumbu telah meresap. Angkat lalu tiriskan. Goreng ayam sampai warnanya kuning keemasan dalam minyak panas. Goreng pula sisa bumbu yang digunakan untuk memasak ayam sampai warnanya kecokelatan. Ayam goreng lengkuas telah siap untuk disajikan. Pelengkapnya antara lain ialah lalapan serta sambal. Kita bisa meracik sendiri bumbu ayam goreng, lalapan sayur hingga sambal sebagai pelengkap makan. Namun jika meracik bumbu serta sambalnya dirasa merepotkan, kita dapat memanfaatkan bumbu instan serta sambal sachet. Citarasa yang dihadirkan sama saja.

 

Bumbu instan terutama banyak digunakan karena akan menghemat waktu dalam memasak. Bumbu halus instan ini tersedia dalam kemasan sachet yang bisa langsung digunakan untuk melumuri daging ayam sebelum digoreng. Untuk hasil maksimal, daging ayam dapat diungkeb terlebih dahulu supaya bumbunya meresap. Salah satu bumbu ayam goreng yang dapat digunakan ialah dari merk Lemonilo. Apalagi karena bumbu ini dikhususkan untuk ayam goreng lengkuas sehingga akan lebih cocok. Kita bisa mendapatkannya di supermarket-supermarket terdekat. Menggoreng ayam menggunakan bumbu siap saji terutama akan sangat menghemat biaya dan juga waktu. Kita tidak perlu repot-repot meracik bumbu sendiri dan tinggal goreng saja. Menikmati ayam goreng lengkuas yang lezat pun tak perlu menunggu lama.

Leave a Reply