Cara Mengatasi Batuk dari Jenisnya

cara mengatasi batuk berdasarkan jenisnya

Batuk adalah penyakit yang mengganggu tenggorokan sehingga menimbulkan gejala yang tidak enak dan mengeluarkan bunyi seperti berusaha mengeluarkan sesuatu dari mulut. Batuk sendiri mempunyai dua jenis yang berbeda yaitu batuk kering dan batuk basah. Cara mengatasi batuk membandel bisa dilakukan dengan melihat terlebih dahulu jenis batuk yang sedang diderita agar dapat pas dan tepat ketika berusaha untuk menghilangkan batuk yang sedang diderita.

Mengetahui Cara Mengatasi Batuk Yang Ampuh Dari Jenisnya

Jenis batuk yang pertama adalah batuk kering yang tidak disertai dengan dahak dan lendir. Batuk ini merupakan batuk yang paling banyak diidap oleh banyak orang dan bisa disebabkan karena banyak faktor. Penyebab jenis kering ini misalnya saja karena radang tenggorokan yang diderita sehingga menyebabkan penderitanya tidak nyaman dan merasakan sakit yang sangat di tenggorokan. Kemudian bisa juga karena debu atau asap yang dihisap atau secara tidak sengaja terhirup. Alergi juga menjadi salah satu penyebab dari batuk dan juga menjadi salah satu gejala alergi seperti alergi pada debu, pada binatang, dan juga alergi makanan. Cara mengatasi sakit batuk kering ini terbilang lebih mudah yaitu dengan membeli obat anti batuk dan juga menghindari beberapa makanan tertentu yang dapat menyebabkan batuk tambah parah.

Jenis batuk kedua adalah batuk berdahak yaitu batuk basah yang disertai dengan dahak atau sputum. Batuk ini bisa menjadi salah satu gejala dari penyakit lainnya seperti sakit bronkitis, pneumonia, asma, bahkan penyakit seperti kanker paru-paru. Batuk basah ini biasanya terjadi lebih dari tiga minggu sehingga perlu segera di periksakan ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

Sedangkan cara mengatasi batuk yang bisa dilakukan pada dasarnya adalah dengan beberapa cara seperti berikut ini:

  • Menggunakan masker ketika sedang berada di luar sehingga terhindar dari virus yang menyebabkan batuk.
  • Mengkonsumsi makanan yang dianjurkan seperti teh hangat, jahe hangat, dan juga jeruk nipis.
  • Menjaga kebersihan baik di rumah maupun ketika sedang berada di luar dengan cara membawa hand sanitizer Lifebuoy kemana-mana ketika sedang bepergian keluar rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *