Cara Mengukur Tekanan Darah

      No Comments on Cara Mengukur Tekanan Darah
Mengukur Tekanan Darah

Cara Mengukur Tekanan Darah

Cara Mengukur Tekanan Darah

Menjaga kesehatan tubuh memang diperlukan oleh setiap manusia agar kesehatannya selalu terjaga dengan baik serta dapat menunjang segala aktifitas yang dilakukan dalam keseharian. Salah satu yang menjadi keluhan dari penderita penyakit saat ini yaitu penyakit hipertensi atau darah tinggi yang memicu atau sebagai penyebab terjadinya struk.

Oleh karena itu cari pencegahan serta penagananannya sejak dini. Hal yang harus selalu dijaga dalam mengatasi terjadinya darah tinggi adalah dengan mengontrol tekanan darah agar tetap stabil. Serta dapat menjaga pola makanan yang tidak sehat dan dapat mengonsumsi makanan penurun darah tinggi.

Fungsi serta kekuatan aliran darah dalam tubuh manusia dapat menekan kekuatan darah dalam menekan dinding arteri ketika dipompa oleh system jantung manusia ke seluruh tubuh untuk menentukan ukuran tekanan darah tersebut, oleh karena itu dalam hal ini maka tekanan darah yang terlalu tinggi dapat membebani arteri dan denyut jantung anda.

Oleh karena itulah pengidap penyakit hipertensi dapat beresiko dan berpotensi mengalami serangan jantung, stroke, atau penyakit ginjal. Namun dalam hal ini, semua serangan ter5sebut tidak akan terjadi jika pola dan kadar darah terkontrol serta kesetabilan tekanan darah dapat berfungsi dengan baik. Selain itu untuk tetap menyeimbangkan dan menyetabilkan tekanan darah adalah dengan selalu mengetahui tekanan darah anda.

Misalnya melakukan cek atau pengukuran darah kepada dokter, pengukuran tekanan darah dalam takaran merkuri per mili meter dapat dicatat dan disimpulkan menjadi dua bilangan yaitu.

  1. Tekanan sistolik.

Tekanan sistolik merupakan tekanan darah ketika jantung sedang berfungsi dan berdetak sehingga dapat memompa darah ke luar dan mengaliri bagian tubuh lain.

  1. Tekanan diastolic

Tekanan darah diastolic merupakan tekanan darah saat jantung sedang tidak berkontraksi, yang mana saat ini darah yang baru saja di pompa keluar.

Dari semua penjelasan diatas dapat disumpulkan bahwa pengukuran tekanan darah sangat diperlukan dan, untuk memastikan tekanan darah anda sehat dan normal adalah yang memiliki tekanan darah 120/80 mmHG, dapan dapat dipastikan jika tekanan darah melebihi itu misalnya 140/90 mmHG, maka dinyatakan fungsi dan tekanan darah anda tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *