Faktor Penyebab Naik Turunnya Harga Saham

Memilih membeli saham sebagai salah satu nilai investasi, memang terlihat sangat menggiurkan. Potensi untuk mendapatkan keuntungan dari membeli saham memanglah sangat besar. Namun dibalik potensi keuntungan yang besar ini, tentunya bukan tanpa resiko. Oleh karena itulah berbagai keahlian teknis yang berhubungan dengan penilaian dan penafsiran laba dari saham suatu perusahaan harus dimiliki oleh seseorang sebelum berinvestasi. Selalu mengikuti informasi mengenai fluktuasi harga saham pada Indonesia stock exchange adalah salah satu hal yang harus selalu dilakukan oleh seorang investor ketika hendak menginvestasikan dana mereka dalam bentuk pembelian saham suatu perusahaan.

Kecenderungan fluktuasi atau nilai naik turun yang terjadi pada harga saham yang dimiliki oleh suatu perusahaan inilah, yang biasanya akan membuat tingkat laba yang seorang investor peroleh berbeda dari waktu ke waktu. Memilih sebuah saham dengan harga yang stabil dan tergolong dalam saham blue-chip, akan menjadikan nilai investasi yang ditanam menjadi lebih aman.

Berikut ini beberapa faktor penyebab naik turunnya harga sebuah saham pada stock exchange Indonesia, yaitu:

  1. Faktor internal, faktor yang datangnya dari dalam perusahaan itu sendiri, dimana faktor ini biasanya dapat berupa informasi negatif ataupun informasi positif. Jika tersebar informasi positif dari dalam perusahaan seperti laba bersih yang diperoleh perusahaan meningkat, hal ini akan menyebabkan harga saham menjadi mahal. Namun jika informasi yang tersebar merupakan hal negatif, maka harga saham akan mengalami penurunan.
  2. Faktor eksternal, merupakan faktor penyebab fluktuasi yang berasal dari luar perusahaan, dimana faktor ini dapat berupa informasi yang berasal dari dalam dan luar negeri. Dimana pengaruh informasi akan berakibat sama dengan pengaruh informasi internal.

Jika Anda berminat untuk berinvestasi dalam bentuk saham pada Indonesia stock exchange, maka akan lebih aman jika Anda mempercayakan pilihan pembelian saham pada pialang yang memang telah profesional dibidangnya, serta akses lah berbagai informasi yang terkait dengan fluktuasi nilai saham pada portal informasi saham seperti IDN Finansial. Selain informasi berbagai nilai saham, Anda juga dapat meminta bantuan para pialang yang memang bertugas di dalam portal keuangan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *