Hal-Hal Yang Wajib Diketahui Apabila Hamil Kembar

Bagi ibu yang mendapatkan kepastian bahwa sedang hamil kembar tidak perlu takut dan cemas. Memang untuk resiko kehamilan kembar jauh lebih tinggi daripada hamil tunggal. Namun dengan perhatian yang baik maka kehamilan sampai proses melahirkan akan lancar-lancar saja.

Ada beberapa perbedaaan antara hamil kembar dengan hamil tunggal yang wajib diperhatikan, antara lain:

Pertama, asupan folat untuk ibu hamil ini harus lebih banyak untuk menghindar resiko cacat pada saat lahiran.

Kedua. Jika sudah hamil secara kembar maka perlu perhatian yang lebih dengan mengunjungi dokter kandungan yang lebih sering.

Ketiga, selalu memeriksakan tekanan darah secara rutin dan melakukan istirahat yang cukup untuk menjaga tekanan darah normal dan mengurangi resiko lahir prematur.

Keempat, dengan kehamilan kembar maka berat badan ibu akan jauh lebih berat dua kali lipat karena mengandung 2 plasenta dengan air ketuban yang jauh lebih banyak.

Kelima, biasanya kehamilan kembar untuk proses persalinannya di minggu ke 36-37 bukan pada umumnya. Bayi akan lahir secara sehat jika dilahirkan setelah melewati minggu ke-34. Hal ini harus diperhatikan oleh ibu dan keluarga untuk mengatasi masalah kesehatan selama masa kehamilan.

Keenam, kehamilan kembar akan lebih beresiko bayi sungsang dan kemungkinan besar harus melaksanakan jenis operasi caesar.

Itulah perbedaan antara hamil kembar dan hamil tunggal yang wajib ibu ketahui agar nanti tidak khawatir dan kaget. Tantangan yang akan dihadapi selama kehamilan kembar memang tidak sama dengan kehamilan tunggal. Namun kebahagiaan akan mudah dirasakan jika selalu berjuang dan mendapatkan dukungan dari keluarga. Baik itu selama hamil maupun setelah lahiran. Jangan lupa selama masa kehamilan berlangsung untuk selalu mengkonsumsi jenis makanan dan minuman yang mendukung kehamilan. Konsumsi susu lactamil yang sudah dirancang khusus sebagai susu untuk ibu hamil yang memiliki kandungan bermanfaat untuk menguatkan masa kehamilan dan menghindarkan dari resiko dan hal yang tidak dinginkan ibu hamil. Lactamil bisa menjadi salah satu alternatif dan pilihan terbaik untuk pengganti nutrisi makanan dan minuman selama hamil.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *