Hindari Kuman Pada Pakaian Bayi

baju bayi

Ada banyak cara yang dapat membuat bayi berinteraksi dengan kuman setiap harinya. Salah satunya kuman yang menempel pada baju bayi akibat debu, kotoran maupun noda yang menempel. Tentu sebagai orang tua Anda tidak ingin buah hati menjadi sakit akibat kuman-kuman berbahaya bukan? Oleh karena itu berikut kami berikan tips untuk menghindari kuman yang dapat menempel pada permukaan pakaian si kecil.

  1. Selalu rutin mengganti pakaian yang dikenakan bayi. Tidak ada salahnya mencuci baju lebih sering dibandingkan resiko kesehatan yang harus diambil jika bayi mengenakan pakaian yang banyak mengandung kuman berbahaya. Selain berasa dari debu dan kotoran yang mungkin menempel, keringat bayi juga dapat menjadi sarang kuman sehingga penggunaan baju selama 4-5 jam sehari sudah cukup untuk kemudian diganti dengan pakaian lain yang masih bersih.
  2. Saat baru membeli pakaian bayi di toko, segera cuci baju tersebut sebelum dikenakan oleh si kecil. Anda tentu tidak tahu bagaimana proses penyimpanan baju tersebut selama di toko. Bisa jadi sudah banyak debu dan kuman yang menempel akibat penyimpanan yang tidak higienis dalam jangka waktu lama di gudang toko meskipun secara sekilas terlihat permukaannya terlihat bersih.
  3. Saat mencuci, jangan mencampur baju si kecil dengan baju orang dewasa lain di rumah. Produksi keringat orang dewasa lebih banyak dari bayi dan aktifitasnya pun lebih banyak. Sehingga baju orang dewasa lebih beresiko mengandung kuman dalam jumlah lebih besar. Jangan sampai akibat pencampuran baju tersebut saat dicuci membuat baju bayi terkena kuman dan kotoran dari pakaian orang dewasa dan membahayakan kesehatannya. Selain itu baju orang dewasa juga memiliki serat kain yang cenderung lebih kasar sehingga dapat merusak kelembutan pakaian si kecil.
  4. Gunakan air hangat suam kuku setiap kali mencuci baju bayi karena akan lebih efektif dalam membunuh kuman dibandingkan dengan air bersuhu dingin. Selain itu gunakan Rinso Anti Noda Cair saat mencuci baju agar kotoran dan noda lebih cepat hilang dan mengurangi resiko kuman yang masih menempel pada serat kain.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *