Ingin Membuat Toko Online? Ini Langkah yang Harus Dilakukan!

pembuatan toko online

Toko online saat ini menjadi pilihan bagi banyak orang terutama bagi Anda yang lebih menyukainya untuk duduk di rumah atau di kantor tanpa perlu keluar dan membeli barang yang Anda butuhkan atau untuk Anda yang tidak ingin membuang waktu Anda. Dalam pembuatan toko online, terdapat beberapa langkah yang harus Anda lakukan. Pertama adalah menentukan jenis atau tipe bisnis e-commerce yang akan Anda usung, apakah B2B atau B2C.

Kedua adalah menentukan produk yang akan Anda jual. Pada dasarnya produk yang dapat Anda jual terbagi menjadi 2 yaitu barang dan jasa. Banyak toko online yang lebih banyak menjual barang daripada jasa karena Anda tidak perlu repot untuk membuat dan menyediakan produk yang akan Anda jual kepada konsumen. Jenis barang yang dapat Anda jual bisa berupa barang fisik ataupun barang digital misalnya e-book, musik atau jenis yang lainnya. Sedangkan untuk jasa, Anda dapat menyediakan jasa seperti jasa pembuatan online shop Partner Iklan.

Ketika Anda telah memutuskan produk yang akan Anda jual, jangan lupa untuk menentukan cara mendapatkan barang tersebut. Terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan yaitu:

  • Membuat sendiri misalnya dalam pembuatan aksesoris. Namun jika Anda memilih menggunakan cara ini, ketersediaan barang tergantung dari kemampuan Anda dan sumber daya yang Anda miliki.
  • Merangkul produsen atau bekerja sama dengan produsen lainnya.
  • Dengan cara affiliate.
  • Grosir.
  • Dropship.

Setelah Anda melalui proses pembuatan toko online sebagai wadah untuk Anda melakukan bisnis, cara selanjutnya adalah mengatur strategi marketing. Dalam marketing, terdapat beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan agar mampu untuk bersaing dengan toko online lainnya, diantaranya yaitu:

  • Harga yang Anda tetapkan untuk setiap jenis barang yang Anda jual di toko online Anda.
  • Kualitas yang Anda tawarkan tidak hanya kualitas dari produk yang Anda jual namun juga kualitas dari toko online Anda sendiri misalnya dilihat dari loading, apakah cepat atau tidak, fitur yang ada, kemudahan dan keamanan.
  • Promo yang Anda berikan sehingga konsumen akan bertahan di toko online Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *