Jumlah Izin Usaha Migas Indonesia Dipangkas, Proses Pengurusan Dialihkan Ke BKPM

Seperti yang diketahui bahwa Kementrian ESDM (energi dan sumber daya mineral) menyerahkan sepenuhnya dalam proses perizinan di industri migas atau minyak bumi dan gas pada BKPM (badan koordinasi penanaman modal). Sebab BKPM sudah dipandang sebagai pusat layanan terpadu untuk satu pintu. Langkah seperti ini harus dilakukan dan sangat penting diperhatikan agar nanti bisa dipercepat proses izin yang selama ini terjadi hambatan dalam dunia usaha. Kementrian ESDM juga sudah melaksanakan perbaikan perizinan.

Sesuai dengan catatan, pada tahun 2011 ada 104 izin untuk perusahaan migas, tahun 2012 dipangkas menjadi 51 izin dan untuk tahun ini dipangkas lagi menjadi 42 izin. Untuk saat ini izin usaha migas indonesia diserahkan sepenuhnya ke BKPM. Namun untuk prosesnya yang ditangani BKPM hanya 20 izin saja. Sedangkan sisanya akan dikembalikan pada Kementrian ESDM dan SKK Migas.

Perizinan ini bersifat detail dan spesifik, namun jika memiliki sifat umum maka bisa langsung ditangani oleh BKPM. Sehingga harus melalui beberapa proses dan tahapan yang harus dilalui nantinya. Kementrian ESDM memiliki harapan bahwa yang dilaksanakan ini bisa dilaksanakan juga untuk sektor yang lain, khususnya yang berhubungan langsung dengan sektor migas. Sudah diketahuai bahwa investasi di migas itu kurang menarik sebab proses izinya sangat sulit dan rumit.

Agar mampu melaksanakan bisnis dalam sektor migas, maka investor wajib mengurus 341 izin dari 17 instansi. Jumlah izin yang wajib dimiliki perusahaan migas ada 6000 lembar. Sehingga dengan penyederhanaan ini diharapkan bisa memberikan ruang gerakan yang luas bagi investor untuk menanamkan modalnya di sektor migas.

Diharapkan pula jika nanti banyak investor masuk untuk mengembangkan bisnis dalam sektor migas, maka perizinan yang dilakukan bisa dipotong dengan jumlah yang jauh lebih ringan dan kecil. Sehingga bisnis yang berjalan akan jauh lebih mudah dan bisa berkembang. Para investor yang selama ini malas dalam menanamkan modal di migas akan ikut andil untuk penanaman modal yang sebanyak-banyaknya.

Leave a Reply