Karir Cemerlang Bagi Sarjana Pertanian

IPB (Institut Pertanian Bogor)

Melihat banyaknya pilihan jurusan di IPB (Institut Pertanian Bogor), beberapa bisa dibilang masih kalah peminat, apalagi dibandingkan jurusan yang lainnya. Salah satunya adalah jurusan perkuliahan yang berhubungan dengan agrikultur. Padahal, sebagai bangsa yang sebagian besar kehidupannya bergantung di sektor pertanian, Indonesia selalu membutuhkan tenaga-tenaga baru yang berkualitas di bidang ini.

Ada banyak karir cerah yang bisa Anda dapatkan di jurusan-jurusan yang berhubungan dengan pertanian, lantaran kompetensi yang diajarkan di dalamnya. Di departemen pertanian dari kampus seperti Institut Pertanian Bogor, misalnya, Anda bisa mendapatkan kompetensi seperti:

  • Pengetahuan dan aplikasi bioteknologi, terutama tentang teknologi yang berhubungan dengan rekayasa benih untuk varietas unggul, dan pemuliaan tanaman.
  • Pengetahuan dan pengendalian tentang hama, gulma, dan penyakit tanaman.
  • Mempelajari tentang bidang manajemen untuk sumber daya lahan.
  • Peningkatan dan pengolahan dari hasil pertanian.
  • Manajemen, perencanaan, dan pengembangan sistem sanitasi, lanskap kota, agrowisata, dll.

Jika Anda memilih jurusan ini, maka Anda akan menemukan banyak bidang untuk berkarir setelah lulus nanti, seperti:

  1. Sektor pertanian

Menjadi petani, mengembangkan agrowisata, berwirausaha, semua itu adalah karir valid yang selalu mempunyai pasaran sendiri. Anda dijamin akan selalu mempunyai pekerjaan di bidang ini.

  1. Sektor swasta

Anda juga bisa bekerja di banyak perkebunan besar yang ada di Jawa maupun luar Jawa, di perusahaan yang memproduksi pestisida, benih, obat-obatan, pupuk, dll.

  1. Sektor pemerintah

Anda tentu saja bisa masuk Departemen Pertanian, meski Anda tak terbatas di situ saja, karena juga bisa bekerja di Dinas Tata Kota, Kehutanan, Pertamanan, Perkebunan, dan juga berbagai lembaga penelitian.

  1. LSM

Anda yang mempunyai jiwa sosial juga bisa bekerja di Lembaga Swadaya Masyarakat yang akan memberi berbagai penyuluhan untuk proses dan pengolahan pertanian.

Bahkan seorang Sarjana Pertanian pun bisa bekerja di bank, berhubungan dengan klien yang ingin investasi di sektor ini, ataupun menjadi perantara antara petani dan bank. Intinya adalah, ketika Anda lulus dari jurusan ini, terutama di universitas berkualitas seperti IPB (Institut Pertanian Bogor), ada banyak jalan yang akan terbuka untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *