Kemeriahan Kontes Ayam Pelung Nasional Mama Djarkasih Cup 2016

Sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri terbaik dan terfavorit yang ada di Indonesia, IPB (Institut Pertanian Bogor) selalu mendukung berbagai aktivitas positif yang berhubungan dengan lingkungan hidup dan masyarakat luas. Salah satu kegiatan yang didukung oleh IPB dan diselenggarakan belum lama ini yaitu Kontes Ayam Nasional pada tanggal 7 Februari lalu yang bertajuk “Mama Djarkasih Cup 2016”. Kegiatan ini merupakan perlombaan ayam pelung yang diadakan untuk menjaga pelestarian ayam pelung yang mempunyai nilai ekonomis yang cukup menjanjikan. Berbagai peserta dari beberapa daerah bersaing untuk mendapatkan juara.

Kegiatan “Mama Djarkasih Cup 2016” diadakan oleh Himpunan Peternak dan Penggemar Ayam Pelung Indonesia yang berasal dari Bogor Raya, Depok dan Jawa Barat serta Jakarta Pelungers Urban. Perlombaan ini juga disupport oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Institut Pertanian Bogor dan diselenggarakan di Kampus IPB Baranangsiang. Perlombaan ini bukan hanya diikuti oleh berbagai peserta dari daerah Bogor dan sekitarnya, namun beberapa daerah seperti Sukabumi, Garut, Depok, Banten, Bandung, Jakarta, Jawa Tengah hingga Jawa Timur juga ikut berpartisipasi dan memeriahkan acara.

Dalam kegiatan lomba, ada beberapa kategori yang diperebutkan. Berikut ini daftar pemenang untuk masing-masing kategori yang dilombakan, yaitu:

  • Pemenang kategori suara.

Juara 1 ayam lodaya dari Sukabumi, juara 2 ayam ageng dari Garut dan juara 3 ayam rumingkang dari Banten.

  • Pemenang kategori penampilan.

Juara 1 ayam tegep dari Garut, juara 2 ayam gurinda dan juara 3 ayam sunyi yang sama-sama berasal dari Bandung.

  • Pemenang kategori bobot badan.

Ayam bima dari Jakarta Pelungers Urban.

Selain memenangkan juara 1 dalam kategori suara, ayam lodaya dari Sukabumi juga dinobatkan sebagai pemenang piala bergilir Surya kencana dalam acara “Mama Djarkasih Cup 2016” tersebut. Acara yang berlangsung meriah dan lancar berkat kerjasama yang dibangun oleh pihak LPPM IPB (Institut Pertanian Bogor) dan juga Himpunan Peternak dan Penggemar Ayam Pelung Indonesia diharapkan dapat meningkatkan pelestarian ayam pelung di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *