Kesalahan Umum Yang Membuat Investasi Saham Merugi

Kesalahan Umum Yang Membuat Investasi Saham Merugi

Saat kamu memiliki sejumlah modal tertentu dan dituntut untuk menjadikannya sebagai uang dasar dalam melakukan investasi maka mana instrumen yang akan kamu pilih. Beberapa orang mungkin lebih senang aman dengan menjadikan properti maupun emas sebagai pilihan menguntungkan, namun hasil keuntungan yang didapat juga terbilang lama. Mereka yang ingin cepat umumnya senang menginvestasikan uangnya dalam instrumen saham. Apalagi sekarang banyak bursa efek yang dapat dijadikan sebagai sarana, seperti diantaranya adalah Jakarta Stock Exchange.

Stock exchange Jakarta dan Surabaya dulunya mengalami penggabungan sehingga lahir lagi yang dinamakan sebagai bursa efek yang umum dijadikan sebagai sebuah palang pintu transaksi jual beli saham. Tak memungkiri bahwa pilihan investasi ini sangat menguntungkan bagi mereka yang pintar, namun juga bisa jadi berbahaya, ada beberapa jenis kesalahan umum yang sering kali membuat investor mengalami kerugian yang besar karena instrumen saham, yaitu :

  1. Umumnya banyak yang sangat toleran dan tak memperhitungkan kerugian kecil, mereka umumnya menganggap hal ini sebagai sebuah kesalahan kecil, namun jika hal tersebut terus terjadi nilai kerugian Anda akan menjadi semakin besar.
  2. Hanya membeli saham saat harganya anjlok, memang benar jika kamu melakukan pada saat ini harga juga akan semakin murah, namun juga harus diketahui bahwa keadaan anjlok tak bisa dengan mudah bangkit kembali, bisa jadi nanti harga jual juga semakin merosot, tentunya Anda yang akan dirugikan.
  3. Senang dengan pembelian saham berharga murah namun lot mendapatkan besar, hal ini sama halnya dengan kesalahan kedua.
  4. Bukan orang yang pantai dalam membaca keadaan namun juga kurang suka mengakses informasi, padahal mengetahui pasar adalah hal terpenting bagi seorang investor.
  5. Kurang obyektif dalam menilai saham dan hanya membeli karena suka.

Bagi kamu yang ingin terjun ke investasi saham sebaiknya menghindari ha-hal yang menjadi kesalahan umum tersebut agar bisa merasakan keuntungan investasi bidang ini, kamu bisa memilih salah satu diantara 2 yaitu Jakarta Stock exchange atau mungkin Surabaya sebagai palang pintu atau gate dalam transaksi jual beli saham.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *