Mengenal Lebih dalam Tentang Luka Bakar Sesuai Medis

Mengenal Lebih dalam Tentang Luka Bakar Sesuai Medis

Kondisi luka di kulit merupakan kondisi yang sama sekali tidak menyenangkan. Mungkin Anda sudah pernah merasakan betapa tidak enaknya kulit yang kering dan bersisik. Namun jika lebih parah dari itu seperti luka bakar, tentu makin menyakitkan bukan? Luka seperti ini merupakan kerusakan di kulit karena panas sehingga bisa sangat menyakitkan. Tak melulu akibat kebakaran atau api, tapi luka seperti ini bisa muncul karena berbagai macam faktor.

Luka kulit bakar ini memiliki beberapa gejala mulai dari kulit memerah, mengelupas, luka yang melepuh, kulit hangus hingga adanya pembengkakan. Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, luka kulit bakar ini bukan hanya semata karena kebakaran atau terkena api semata, namun bisa juga diakibatkan oleh beberapa kondisi seperti:

  • Suhu panas yang tak hanya api, namun bisa juga karena uap panas, cairan panas hingga benda panas lainnya.
  • Listrik juga bisa jadi alasan misalnya terkena arus listrik hingga terkena petir.
  • Tak hanya suhu panas, ternyata suhu dingin ekstrim juga bisa jadi sebab adanya luka seperti ini.
  • Sinar matahari juga bisa jadi alasan munculnya luka kulit bakar. Bahkan Anda harus hati-hati dengan alat penggelapan kulit yang banyak tersedia saat ini karena juga bisa berpotensi menyebabkan kulit luka.
  • Gesekan kulit dengan benda tertentu, permukaan keras dan kasar misalnya karpet hingga jalan raya juga bisa sebabkan luka.
  • Bahan kimia dengan kandungan tertentu juga bisa berpotensi menyebabkan luka di kulit.
  • Peralatan dengan radiasi juga kerapkali jadi sebab luka.

Tidak hanya merusak di bagian lapisan kulit, namun beberapa sebab tersebut juga mampu melukai bagian tubuh lain misalnya otot, saraf, paru hingga pembuluh darah dan mata. Jika Anda mengalami luka bakar, maka pastikan luka itu selalu bersih kondisinya sehingga bisa kurangi infeksinya. Tingkat keparahan pada lukanya juga berbeda-beda yang bergantung pada ketebalan lapisan kulitnya, ukuran dan lokasi luka hingga sebab luka serta kondisi kesehatan penderitanya.

Pengobatan pada luka kulit terbakar ini ada beberapa langkah. Ada beberapa luka yang emang harus ditangani oleh dokter langsung ke IGD jika memang sudah sangat parah. Namun untuk pertolongan pertama yang bisa dilakukan adalah dengan cara berikut ini:

  • Dinginkan luka lebih dulu dengan memakai air biasa sampai 30 menit. Hindari menggunakan air es, krim hingga bahan berminyak karena bukannya mampu mendinginkan, justru bisa menjadikannya makin parah.
  • Singkirkan aksesoris atau pakaian yang menutup luka terbakar itu. Apabila pakaian atau
    aksesorisnya menempel di bagian kulit yang luka, maka jangan mengangkatnya karena bisa jadi ada bagian kulit yang ikut terangkat.
  • Pastikan orang yang terkena luka kulit bakar itu merasa hangat. Selimuti dirinya namun jangan sampai bagian kulit yang luka tergores.
  • Disarankan untuk orang yang mengalami luka meminum obat yang meredakan rasa sakitnya.
  • Jika semua penanganan tersebut sudah dilakukan namun belum ada peningkatan kondisi dan justru parah, maka langsung bawa ke dokter sehingga bisa ditangani dengan tepat.

Itulah beberapa penanganan pada luka kulit bakar yang cukup serius. Untuk itu, pastikan hati-hati dalam aktivitas apapun. Kadang anak juga bisa mengalami luka bakar karena berbagai faktor dan kondisi. Oleh karena itu jangan sampai dirinya bermain di kawasan dapur dan area bahaya lain. Untuk bisa menjadikan luka kulit bakar sembuh dengan cepat, Anda bisa juga mengoleskan Vaseline Petroleum Jelly sehingga lukanya bisa cepat membaik.

Leave a Reply