Mengenal Resiko & Keuntungan Investasi, Indonesia Finance

Indonesia Finance – Jika Anda senang bergelut di dunia investasi, mungkin berbagai macam investasi pasar modal sudah Anda kenal contohnya seperti obligasi dan reksadana. Ketika Anda memilih salah satu diantara keduanya, apakah Anda sudah mengenal dengan baik apa saja keuntungan dan resiko yang harus Anda hadapi saat berhadapan dengan mereka? Indonesia finance memang memberikan peluang yang besar bagi kita untuk melakukan investasi. Namun, jika kita tidak berhati-hati, kita malah terjebak sendiri.

Istilah Dalam Indonesia Finance

Untuk obligasi, nama lain yang ia miliki ialah surat hutang. Untuk melakukan investasi dengan menggunakan obligasi ini, Anda harus membeli sebuah surat hutang yang dikeluarkan sebuah pihak, bisa dari swasta atau dari negara. Dana yang sudah Anda beri kepada pihak ini akan dibuktikan dengan lembar surat hutang yang berisi jatuh tempo Anda bisa memperoleh kembali dana Anda. jadi, Anda menjadi pemberi hutang dan memperoleh surat perjanjian. Modal yang dipinjamkan ke pihak tersebut baru dibayar sesuai dengan kesepakatan yang berada di dalam surat hutang.

Sekarang ini finance Indonesia dan perusahaan-perusahaan besar cukup menggiurkan dalam menawarkan ini. Namun, Anda harus memahami apa saja keuntungan dan resiko yang harus Anda hadapi. Keuntungan yang bisa Anda dapatkan ialah Anda akan memperoleh bunga yang dibayarkan tiap jangka waktu kesepakatan, presentasinya malah lebih besar jika dibandingkan dengan deposito. Selain ini, Anda juga bisa memperoleh keuntungan dengan menjual surat hutang ketika pasar sedang menanjak. Selisih harga jual ini bisa menjadi keuntungan Anda. namun, ada pula resiko yang harus Anda hadapi. Resiko ini seperti kebangkrutan.

Jika Anda tidak memiliki cukup modal untuk menaruhkan dana pada obligasi, ada cara lain yang bisa Anda pilih yakni reksadana. Reksadana sering menjadi kendala untuk masyarakat, yang memiliki dana terbatas dan ingin menumbuhkan uang mereka. Investasi ini ialah wadah untuk menghimpun modal dari para investor yang mempunyai dana minim, modal ini dikumpulkan dan di investasikan dengan bentuk saham. Keuntungan yang bisa Anda dapatkan, Anda bisa berinvestasi dengan dana yang relatif kecil. Bila Anda tertarik dengan investasi Indonesia finance ini, Anda bisa melihat dari IDN Financial.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *