Pendidikan Dasar yang Wajib Diterapkan Orang Tua Pada Anak

Pendidikan merupakan bagian yang sangat penting dalam menentukan masa depan, mengingat jika mereka berprestasi dan berpendidikan tinggi tentunya tak sulit untuk mendapatkan posisi menguntungkan di dunia kerja, begitu juga sebaliknya. Untuk itulah tak heran jika para orang tua berusaha memberikan yang terbaik bagi anak mereka dalam hal pendidikan, dimulai dari menyediakan fasilitas, membiayai dan memilihkan sekolah terbaik. Pendidikan umumnya dimulai dari masa kindergarten, meskipun tak secara keseluruhan.

Preschool adalah tahapan yang sangat penting untuk melatih mereka agar senang belajar. Sebagai orang tua tentunya ada rasa bangga tersendiri saat mendapati anak berprestasi di sekolahnya bukan, nah ternyata prestasi tersebut bisa didukung semenjak dini dengan beberapa cara berikut ini, yaitu:

  • Membacakan buku cerita sebelum tidur, dongeng sebelum tidur tak hanya sebagai bentuk hiburan saja, manfaatnya ternyata lebih banyak dari itu, salah satunya adalah untuk mengembangkan imajinasi anak, nantinya semakin besar daya ingatnya akan semakin baik dan bisa membuatnya meraih prestasi.
  • Mengajaknya bernyanyi bersama, anak-anak umumnya senang sekali mendengarkan musik, para orang tua bisa membelikannya lagu-lagu anak, bernyanyi juga berguna untuk meningkatkan rasa percaya diri mereka.
  • Mengajaknya jalan-jalan bersama, usia anak-anak memang terkadang membuatnya sangat kritis, apa yang dilihat maka hal tersebut akan selalu ditanyakan. Dengan jalan-jalan ke lingkungan sekitar akan membuat mereka mengenal ala, semakin banyak bertanya, tanggapi pertanyaan tersebut dengan jawaban yang tepat karena justru dari sinilah pola pikir mulai terbentuk.
  • Sering-sering membawanya bermain dengan anak-anak di lingkungan sekitar, terlalu mengekang mereka dengan tak memperbolehkannya bermain di luar hanya akan membuat buah hati menjadi pribadi yang individualis dan sulit bergaul dengan orang lain. Untuk itu sebagai orangtua Andalah yang harus berperan membuat mereka mau bermain dengan teman di lingkungannya.

Belajar tak harus secara teoritis, melainkan lebih kepada prakteknya. Saat anak Anda memasuki usia 3 tahun segera masukkan mereka ke kindergarten, pendidikan semenjak dini sangat bagus untuk mereka ke depannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *