Pentingnya Pendidikan Kehutanan Di IPB

fakultas kehutanan di IPB

Pendidikan fakultas kehutanan di IPB memegang peranan penting dalam kelangsungan pelestarian hutan di Indonesia. Tanpa adanya pendidikan seperti ini, maka penjarahan hutan dan pengekploitasian hutan akan terus bertambah dan tidak bisa kita antisipasi. Bahkan kemungkinan terburuknya seluruh hutan di Indonesia menjadi rusak dan lingkungan bumi sudah tidak lagi seimbang.

Indonesia sendiri diakui sebagai salah satu negara paru-paru dunia yang mana hutan di tanah air termasuk yang terluas dengan sumbangsih oksigen yang banyak bagi seluruh makhluk hidup di bumi. Mengingat pentingnya hal tersebut, maka adanya fakultas kehutanan di IPB ini menjadi sebuah harapan untuk memunculkan solusi dari berbagai permasalahan hutan di kawasan nusantara.

Mahasiswa dan lulusan fakultas kehutanan di IPB ini diharapkan dapat berbagi pengetahuan kepada seluruh masyarakat luas untuk turut menjaga hutan. Menjadi pemimpin bagi pelestarian hutan di Indonesia menjadi amanat yang perlu diemban oleh IPB. Masyarakat Indonesia sendiri masih kurang peka terhadap kerusakan hutan. Mereka masih menganggapnya hal yang sepele dan tidak perlu diperdebatkan. Melalui pendidikan dan transfer knowledge yang baik dari para aktivitis kehutanan IPB, maka persepsi seperti itu lambat laun akan hilang. Memahami hutan melalui pendidikan di kelas dan luar kelas adalah cara terbaik untuk bersama masyarakat melestarikan dan mengembalikan hutan kembali pada fungsinya. Ini memang butuh waktu yang tidak sebentar untuk mereparasi kerusakan hutan, tetapu dengan adanya pendidikan di IPB, maka anak bangsa sudah diberi bekal untuk mempersiapkan langkah jitu mengembalikan kealamian hutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *