Persiapan Saat Memilih Meneruskan ke Jenjang S2 di IPB

Meraih pendidikan setinggi mungkin memang layak untuk diperjuangkan sebaik mungkin sebab memberikan lebih banyak manfaat. Apalagi belajar suatu bidang ilmu tertentu menjadi sebuah investasi untuk masa depan yang lebih berkualitas. Menjadi jembatan penghubung untuk meraih impian tersebut maka bisa mengambil program pendidikan pasca sarjana di IPB (Institut Pertanian Bogor). Berbagai fasilitas disediakan untuk memudahkan siapa saja meraih impian berpendidikan di jenjang setinggi mungkin.

Menempuh pendidikan S2 sebagai bekal hidup tentunya membutuhkan persiapan yang matang, agar lebih mudah dalam menempuhnya. Berikut beberapa tips mempersiapkan pengambilan S2 di Institut Pertanian Bogor secara maksimal:

  1. Mempersiapkan tujuan secara jelas,

Menempuh pendidikan yang tinggi oleh sebagian orang memiliki tujuan tertentu, misal untuk berburu gelar, menjaga harga diri, dan sebagainya. Tujuan yang jelas apapun bentuknya akan sangat mempengaruhi sistem pembelajaran Anda. Sebab diperlukan perjuangan yang lebih keras untuk bisa meraih gelar S2 tersebut sehingga bukan sebagai media main-main saja. Terlebih selepas wisuda Anda pun mendapatkan PR besar yakni akan melangkah kemana dengan gelar baru tersebut.

  1. Memastikan biaya pendidikan tergolong aman,

Menempuh studi S2 memang hanya membutuhkan waktu sekitar 2 tahun, bisa lebih cepat namun bisa juga lebih lama. Meski tergolong lebih singkat dibandingkan jenjang Diploma maupun Strata 1 namun tetap saja membutuhkan sejumlah biaya. Tidak mungkin gelas S2 diberikan namun mahasiswa tidak mengeluarkan dana sepeser pun, kecuali adanya beasiswa. Maka sebelum mengambil jenjang S2 pastikan bahwa biaya untuk kebutuhan tersebut sudah disediakan dalam porsi yang aman.

  1. Memilih jurusan dengan teliti,

Menempuh gelar S2 biasanya akan melanjutkan di jurusan mana yang ditempuh selama mengambil S1 atau D3 sebelumnya. Maka bagi siapa saja yang nantinya memiliki rencana untuk mengembangkan sayap di dunia pendidikan. Maka usahakan memilih jurusan yang tepat agar nantinya lebih menikmati proses belajar saat meneruskan ke jenjang S2. Meski terdengar sepele namun efeknya besar, jurusan yang keliru bisa membuat tumpul bakat dan kecerdasan yang dimiliki. Manfaatkan fasilitas IPB (Institut Pertanian Bogor) untuk memilih studi S2 secara cermat dan tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *