Remotely Operated Underwater Vehicle Competition 2016

Remotely Operated Underwater Vehicle Competition 2016

Demi mendukung berbagai macam perkembangan teknologi maritim, IPB (Institut Pertanian Bogor) selaku salah satu Perguruan Tinggi Negeri terbaik di Indonesia senantiasa memberikan berbagai macam inovasi dan kegiatan-kegiatan positif yang dapat membentuk kreativitas setiap mahasiswa dalam meningkatkan kemandirian teknologi maritim di Indonesia. Salah satunya yaitu melalui lomba Remotely Operated Underwater Vehicle (ROV) Competition yang diadakan pada tanggal 15 Januari 2016 lalu. Acara yang satu ini merupakan kegiatan yang diadakan oleh bagian Akustik dan Instrumentasi Kelautan atau AIK Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan, FPIK IPB sebagai bentuk dukungan atas pengembangan teknologi maritim Indonesia ke arah yang lebih baik.

Bagian Akustik dan Instrumentasi Kelautan, FPIK-IPB mengadakan lomba Remotely Operated Underwater Vehicle (ROV) Competition di Kolam Renang Tirta Kencana, Darmaga, Bogor. Acara ini dijadikan sebagai ajang kompetisi sekaligus termasuk dalam bagian dari rangkaian mata kuliah Instrumentasi Kelautan di Institut Pertanian Bogor. Lomba yang satu ini merupakan lomba tahunan yang diadakan untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam mengembangkan potensi teknologi dalam dunia maritim. Setiap tahunnya, acara ini sukses berjalan dengan baik dan menghasilkan juara-juara dengan karya yang berkualitas tinggi.

Terdapat 10 kelompok yang mengikuti lomba Remotely Operated Underwater Vehicle (ROV) Competition. Masing-masing peserta merupakan mahasiswa ITK-IPB yang menciptakan karya kreatif dan bersaing ketat untuk memperebutkan gelar juara terbaik. Ada beberapa aspek utama yang menjadi faktor penilaian dalam perlombaan yang satu ini. Setiap ROV yang diikutsertakan dinilai berdasarkan 3 hal penting, yaitu :

  • Pengaturan bouyancy.
  • Manuver.
  • Pengambilan gambar objek di bawah air.

Para peserta berhasil menarik hati para juri dengan karya yang dihasilkan. Namun kelompok yang berhasil menang dan menjadi juara pertama dalam lomba Remotely Operated Underwater Vehicle (ROV) Competition tahun ini adalah ROV Neutral. Sementara itu, ROV R10 berhasil menjadi pemenang dalam kategori desain terbaik dalam ajang yang sama. Perlombaan ini diharapkan bisa mendukung perkembangan teknologi maritim di Indonesia dengan baik. Maka dari itu, ROV Competition IPB (Institut Pertanian Bogor) di tahun yang akan datang diharapkan menghasilkan karya-karya yang lebih baik lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *