Strategi Pemasaran Ampuh untuk Bisnis Agen Wisata

Hal yang harus diakui cukup sulit ketika melakukan bisnis tour and travel online adalah mencari cara bagaimana orang-orang tahu bahwa Anda melakukan bisnis ini. Ada banyak sekali agen travel lain yang ada, dari yang profesional seperti Alfafa Universal, hingga individual yang menjadi kontraktor mandiri. Jadi bagaimana supaya Andalah yang dicari oleh pelanggan, dan bukan orang lain?

Cara pertama dan termudah yang bisa Anda lakukan untuk mempromosikan bisnis agen tour and travel online adalah dengan memberikan promosi kepada keluarga dan teman-teman Anda. Tak usah malu untuk melakukannya, namanya juga usaha, mereka pasti akan mengerti. Bahkan karena mereka sudah kenal dengan Anda dan sudah ada rasa percaya, justru ini kesempatan terbaik untuk promosi. Begitu Anda memberikan layanan yang baik, bisa dipastikan mereka akan merekomendasikan Anda kepada teman-teman dan kolega mereka yang lainnya.

Tentu saja, cara ini juga mempunyai keterbatasan jika Anda tidak mempunyai jaringan pertemanan yang luas, dan dari sini, Anda harus melakukan strategi pemasaran lainnya. Contohnya saja:

  1. Promosi di media sosial

Buat page khusus di media sosial tentang bisnis Anda, manfaatkan jaringan pertemanan Anda di situs tersebut untuk melakukan promosi. Tapi ingat, jangan berlebihan supaya orang-orang tak jengkel.

  1. Buat travel blog

Buat blog khusus (yang ditautkan ke akun media sosial Anda) untuk membahas tempat-tempat wisata, tips untuk travel, prosedur perjalanan, dll.

  1. Lakukan promosi offline

Meski bisnis Anda dilakukan secara online, tetap manfaatkan sarana beriklan seperti iklan baris di koran, radio, atau menitipkan brosur di tempat-tempat wisata.

  1. Kunjungi komunitas travel

Jadilah anggota di komunitas khusus untuk travel. Di sana, Anda bisa sekalian ikut diskusi dan menawarkan jasa jadi guide, pesan tiket, booking hotel, dll.

Mengikuti seminar ataupun workshop, yang diadakan bagi pemilik bisnis tour and travel online atau entrepreneur lain, juga bisa menjadi strategi untuk menjaring pelanggan baru. Dari sana, Anda bisa berkenalan dengan pengusaha dalam bidang yang sama dan saling berbagi pengalaman dan trik, serta menjalin relasi baru dengan pengusaha lain yang bisa jadi calon pelanggan potensial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *